Kamis, 11 Juni 2015

Proposal Kewirausahaan

LAPORAN PRAKTEK KEWIRAUSAHAAN
“USAHA ES KELAPA MUDA JEGGER”



Disusun Oleh :
                                                              Restu Utami


PROGRAM
KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA
AKADEMI KEBIDANAN DHARMA PRAJA
BONDOWOSO
2015



LEMBAR PENGESAHAN



Laporan kegiatan kewirausahaan “USAHA ES KELAPA MUDA JEGGERtelah disetujui oleh Pembimbing guna memenuhi tugas praktek kewirausahaan Akademi Kebidanan Darma Praja Bondowoso  tahun 2015, pada:

Hari                 : Minggu
Tanggal         :31 Mei 2015












Mengesahkan,
Wali Kelas Tingkat II





(Endah Kamila Mas’udah, S. ST)


Ketua Kelompok




(NADIROH)
NIM: 13010233

Disetujui oleh
Dosen Pembimbing





(Indah Nurhayati, S. Pd.)
NIP. 19790218 200902 2 001










BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dimasa modern seperti saat ini kita harus mempunyai inovasi dan terobosan baru dalam hal pengembangan usaha. Karena pada saat ini merupakan pasar bebas, dimana setiap orang berlomba-lomba untuk mendapatkan keuntungan. Saat ini kita melihat masalah diindonesia semakin kompleks. Permasalahan tersebut seakan telah menjadi bagian yang susah dipisahkan dengan rakyat indonesia. Mulai dari permasalahan kemiskinan, pendidikan, keamanan atau juga masalah pengangguran, oleh karena itu banyak orang yang berwirausaha, mendirikan home industri, membuka kedai makanan dll. Tapi sayangnya orang-orang yang berwirausaha tersebut tidak bertahan lama karena mengalami kebangkrutan. Kebangkrutan itu disebabkan minimnya ide dalam menghasilkan terobosan dan inovasi baru dalam pengembangan usahanya.
Oleh karena itu kita harus mempunyai skill khusus dalam berwirausaha. Laporan ini akan menitikberatkan pada peluang dalam berwirausaha dan pengembangan ide-ide dari usaha retail yang sudah ada sebagaimana kita tahu sebuah inovasi akan membuka sebuah peluang usaha baru yang tentunya lebih baik dibandingkan usaha yang telah ada sebelumnya. Oleh karena itu, kami berusaha membahas lebih jauh mengenai pengembangan ide wirausaha dengan melakukan observasi, khususnya dibidang kuliner yaitu es degan atau es kelapa muda. Es kelapa muda minuman yang sangat menyegarkan yang dapat meredakan dahaga. Minuman ini banyak digemari oleh masyarakat. Oleh karena itu apabila kita mengembangkan usaha ini secara serius kita bisa mendapatkan keuntungan yang besar.
1.2 Visi
Menjadikan usaha es kelapa muda terbesar, terlaris, dan digemari masyarakat
1.3 Misi
1.    Menyediakan produk yang halal, inovatif dan berkualitas dan terjangkau sebagai bentuk pelayanan terhadap konsumen
2.    Menjadi mitra masyarakat untuk belajar wirausaha dan berbisnis
1.4 Tujuan
1.  Menambah pengetahuan kepada mahasiswa dibidang kewirausahaan
2.  Memberi pengalaman untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan


BAB II
PEMBAHASAN
A.   Identitas Kegiatan
1.    Produk
Nama produk àEs kelapa muda jegger
Es kelapa muda minuman yang sangat menyegarkan yang dapat meredakan dahaga. Minuman ini banyak digemari oleh masyarakat. Oleh karena itu apabila kita mengembangkan usaha ini secara serius kita bisa mendapatkan keuntungan yang besar dan minuman ini bukan hanya rasa original yang bisa di temukan dimana-mana, kami menambahkan rasa sirup yang dapat menambahkan kesegaran pada es kelapa muda jegger ini.  Es kelapa muda jegger ini sangat cocok di nikmati setelah berolahraga karena dapat memulihkan stamina yang telah habis setelah beroahraga. Es kelapa muda jegger ini kami kemas menggunakan gelas plastik sehingga memudahkan konsumen untuk menikmati es kelapa muda jegger ini.
2.    Bahan Baku
ü  Kelapa muda sebanyak
ü  Gula pasir
ü  Susu
ü  Sirup
ü  Potongan es
3.    Proses Produksi
ü  Cairkan gula pasir dengan cara mendidihkan diatas kompor, lalu dinginkan.
ü  Serut kelapa muda
ü  Siapkan susu dan sirup
ü  Campurkan serutan kelapa dengan dengan air gula, susu dan sirup dan potongan es.
ü  Aduk hingga rata.
ü  Siap disajikan

4.    Pemasaran
Target pemasaran ditujukan untuk semua kalangan, dari anak-anak, remaja, dewasa dan lansia. Cara memasarkan usaha ini kita memberikan kupon kepada konsumen, dan dari kupon tersebut konsumen bisa menukarkan kupon merekan dengan es kelapa muda jegger di Alun-Alun Bondowoso acara car free day (CFD).
5.    Tempat Produksi
Kegiatan produksi dilakukan di rumah Produksi tepatnya di jln. Raya situbondo wonosari bondowoso karena lokasi dirumah produksi berdekatan dengan bahan baku sehingga mempermudah proses produksinya.
6.    Jadwal Pelaksanaan
Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 31 Mei 2015 pukul 05.00 WIB.
B.   Organisasi Pelaksana
a.    Personil
Ketua pelaksana : Nadiroh
Pemasaran                   : -     Jamiatul Hasanah
-          Qibtiyatul Bahriyah
-          Ouut vita Ayu Anita
-          Restu Utami

b.    Pendamping
Dosen Kewirausahaan    : Indah Nurhayati, S. Pd.
Wali Kelas                           : Endah Kamila Mas’udah, S. ST             
C.   Target Luaran
a.    Target produk
Kami membuat 1 produk namun kami memproduksi sebanyak 25 gelas
Seharga
b.    Target konsumen
25 orang
c.    Target pendapatan
3500 x 25 = 87.500,00
D.   Rencana Biaya
a.    Rencana biaya usaha
Kelapa muda                                      Rp    24.500,00
Gula                                                     Rp    12.000,00            
Sirup                                                    Rp    5.000,00
Susu                                                    Rp    8.000,00   
Sedotan                                              Rp    3.000,00
Gelas                                                   Rp    15.000,00                         
Es batu                                                Rp    10.000,00  +    
                Jumlah                                                  Rp. 77.500,00
 

Harga pokok per unit  = total biaya : total produksi
                                      =  77.500,00 : 25 = 3100
Harga jual                   = HPP + Laba
                                      = 3100 + 400 = 3500
Jadi harga penjualan sebesar Rp. 3.500,00
E.  Rancangan Pengembangan & Investasi
Investasi : Modal pribadi  didapatkan dengan iuran setiap anggota, laba yang kita peroleh dalam usaha ini dibagi rata dengan semua anggota.
Estimasi keuntungan
1.    Jumlah rata-rata pembelian adalah 25 konsumen
2.    Nilai jual 25 x 3.500,00          Rp. 87,500,00
Total modal                                Rp 77.500,00
Laba bersih                                Rp 10.000,00

F.    Analisa SWOT
1.    Strenght (kekuatan)
Usaha ini tidak membutuhkan modal yang besar, dan proses pembuatannya sangat mudah.
2.    Weakness (kelemahan)
Tidak bisa diawetkan terlalu lama ( cepat basi), kemudian es mudah cair
3.    Opportunity (peluang)
Harga yang kami tawarkan cukup murah dan terjangkau.
4.    Threat (ancaman)
ü Banyak usaha yang sejenis
ü Usaha ini merupakan usaha yang baru sehingga konsumen belum mengenal usaha yang kita dirikan





BAB III
PENUTUP
A.   Kesimpulan
           Kesimpulan dari proposal ini adalah kita dapat membuat usaha ini dengan modal yang tidak terlalu besar, jika kita bisa menggunakan modal tersebut dengan baik dan kita dapat memutarkan kembali uang yang kita peroleh.
1.    Nama produk  kami adalah es kelapa muda jegger
2.    Harga yang kami tawarkan sebesar 3500,00
3.    Biaya yang kami butuhkan dalam usaha ini sebesar 77.500,00
4.    Modal yang kami butuhkan sebsar 77.500,00
5.    Laba yang kita peroleh dalam usaha ini sebesar 10.000,00
B.   Saran
1.    Untuk Mahasiswa
Menambah pengalaman dalam berwirausaha dan menambah inovasi-inovasi dalam menjalankan usahanya.  Inovasi tersebut hendaknya dibuat sekreatif mungkin untuk menarik konsumen.
2.    Untuk institusi
Dalam kegiatan seperti ini semoga institusi dapat meneruskan kegiatan ini, karena dapat mengenalkan institusi lebih jauh.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar